Pengertian dan Penjelasan Dasar Akuntansi - Definisi, Arti, Fungsi dan Kegunaan

Pengertian dan Penjelasan Dasar Akuntansi - Definisi, Arti, Fungsi dan Kegunaan

Manfaat - Belajar Pengetahuan Akutansi/Accounting

A. Pengertian serta Pengertian Akuntansi
Akuntansi yaitu satu sistem mencatat, mengklasifikasi, meringkas, memproses serta menghidangkan data, transaksi dan peristiwa yang terkait dengan keuangan hingga bisa dipakai oleh orang yang memakainya dengan gampang dipahami untuk pengambilan satu ketentuan dan maksud yang lain.

Akuntansi datang dari kata asing accounting yang berarti apabila ditranslate ke bhs indonesia yaitu mengkalkulasi atau mempertanggungjawabkan. Akuntansi dipakai di hampir semua aktivitas bisnis di semua dunia untuk memutuskan hingga dikatakan sebagai bhs bisnis.

B. Manfaat Akuntansi

Manfaat paling utama akuntansi yaitu juga sebagai info keuangan satu organisasi. Dari laporan akuntansi kita dapat lihat posisi keuangan sutu organisasi beserta pergantian yang berlangsung di dalamnya. Akuntansi di buat dengan cara kualitatif dengan unit ukuran duit. Info tentang keuangan sangatlah diperlukan terutama oleh pihak manajer/manajemen untuk menolong bikin ketentuan satu organisasi.

C. Laporan Basic Akuntansi

Pada intinya sistem akuntansi bakal bikin output laporan rugi laba, laporan pergantian modal, serta laporan neraca disuatu perusahaan atau organisasi yang lain. Disuatu laporan akuntansi mesti mencantumkan nama perusahaan, nama laporan, serta tanggal pengaturan atau periode waktu laporan itu untuk mempermudah orang lain mengertinya. Laporan bisa berbentuk periodik serta ada pula yang berbentuk satu saat spesifik saja.

wdcfawqafwef