Pengertian wesel, jenis wesel dalam negeri dan caramemgunakannya

Pengertian wesel, jenis wesel dalam negeri dan caramemgunakannya



WESEL


Wesel tagih janji tercatat dari satu pihak pada pihak lain untuk membayar beberapa duit spesifik pada tanggal spesifik di waktu mendatang.

Wesel bayar janji tercatat yg di tandatangani oleh pembuatnya supaya pada tanggal yang diputuskan atau pada masa mendatang serta atas keinginan spesifik membayarkan beberapa duit.
Akuntansi untuk Wesel Tagih terdiri atas :
1. Pernyataan Wesel Tagih (Recognation of Note Receivable)
2. Penilaian Wesel Tagih (Valuation of Note Receivable)
3. Pelepasan Wesel Tagih (Disposal of Note Receivable)
Unsur-unsur yang ada dalam Surat Wesel :
v Nilai Nominal
v Periode Wesel
v Tanggal Wesel
v Tingkat Bunga
v Penulis Wesel
v Penerima Wesel


c. Beberapa macam wesel.
1) Wesel umum yaitu surat wesel dimana ada seluruhnya pihak yang terkait dengan wesel itu.
2) Wesel atas pengganti penerbit yaitu wesel yang di terbitkan untuk diri penarik sendiri.
3) Wesel atas penerbit sendiri yaitu wesel yang diterbitkan oleh penarik, namun pihak tertarik yaitu pihak penarik tersebut.
4) Wesel untuk penghitungan pihak ketiga yaitu wesel yg tidak di terbitkan oleh penarik sendiri, namun diterbitkan oleh pihak ketiga untuk penarik tersebut.
5) Wesel Inkasso yaitu wesel yang memberi kuasa pada pemegangnya untuk mengih beberapa duit, hingga wesel ini tidak bisa di geser tangankan.
6) Wesel berdomisili yaitu surat wesel yang pembayarannya dikerjakan oleh orang lain terkecuali dari tertarik serta pembayarannya di kerjakan di tempat pihak ketiga
Personil Wesel
Dalam hukum wesel, di kenal sebagian personil wesel, yakni beberapa orang yang ikut serta dalam jalan raya pembayaran dengan surat wesel.
1. Penerbit, yaitu terjemahan dari arti aslinya dalam bhs Belanda trekker, bhs Inggrisnya drawee, yakni orang yang keluarkan surat wesel.
2. Tersangkut, yaitu terjemahan dari arti aslinya dalam bhs Belanda betrokkene, yakni orang di beri perintah tanpa ada prasyarat untuk membayar.
3. Akseptan, yaitu terjemahan dari arti aslinya dalam bhs Belanda acceptant, bhs Inggrisnya acceptor, yakni tersangkut yang sudah menyepakati untuk membayar surat wesel pada hari bayar, dengan memberi tanga tangannya.
4. Pemegang Pertama. Yaitu terjemahan dari arti aslinya dalam bhs Belanda nomer, bhs Inggrisnya holder, yakni orang yang terima surat wesel pertama kali dari penerbit.
5. Pengganti, yaitu terjemahan dari arti aslinya dalam bhs Belanda geendosseerde, bhs Inggrisnya indorsee, yakni orang yang terima peralihan surat wesel dari pemegang pada awal mulanya.
6. Endosan, datang dari arti aslinya dalam bhs Belanda endosant, bhs Inggrisnya indorser, yakni orang yang memperalihkan surat wesel pada pemegang selanjutnya.

wdcfawqafwef